SMP Mutual Adakan Program P5 di DPRD Kota Magelang

MAGELANG, Jum’at 8 Desember 2023, SMP Mutual Kota Magelang berkolaborasi dengan DPRD Kota Magelang mengadakan kegiatan Sosialisasi dalam rangka melaksanakan Program Penguatan Profil Pancasika Pelajar (P5). Kegiatan yang dilakukan di DPRD Kota Magelang ini dihadiri oleh Siswa Siswi SMP Mutual kelas 8, yang terdiri dari 2 program yaitu program Fullday dan Boarding School dengan total 184 Siswa. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menguatkan Profil Pelajar Pancasila.

   Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kota Magelang ini dibuka dengan Video Perkenalan mengenai DPRD Kota Magelang, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMP Mutual, Bapak Dwi Dedi Sulistyanto dan Perwakilan dari DPRD Kota Magelang, Ibu Indah Dwi Antari . Lalu, yang terakhir sebelum penutupan dan yang utama yaitu Simulasi Sidang Paripurna Perubahan APBD Tahun 2023 dan Peraturan Daerah mengenai Tata Lingkungan Hidup Kota Magelang Tahun 2023.

   Ibu Dwi Antari, selaku perwakilan dari DPRD Kota Magelang, dalam sambutannya menjelaskan mengenai DPRD Kota Magelang, Diawali Struktur DPRD, Anggaran, Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) para anggota DPRD, dan juga memberikan pandangan mengenai pekerjaan. “Banyak profesi yang bisa digapai, tidak harus menjadi PNS, bisa menjadi blogger, vlogger, atau yang lainnya”, jelas Bu Indah Dwi Antari dalam sambutannya mengenai pandangan pekerjaan.

   Kegiatan Simulasi Sidang Paripurna Perubahan APBD 2023 dilaksanakan dengan siswa siswi SMP Mutual sebagai pelaku simulasi, mulai dari jabatan Walikota dan wakilnya, Ketua DPRD dan jajarannya, Panitia Khusus, juga beberapa fraksi. Simulasi ini dilaksanakan mengimplementasikan sesuai dengan sidang aslinya dengan harapan dapat dijadikan pembelajaran untuk menambah pengetahuan siswa siswi mengenai Sidang Paripurna

      Sebelum penutupan kegiatan, terdapat sesi tanya jawab, yang disambut dengan antusias oleh para audien dari SMP MUTUAL. Berbagai pertanyaan mengenai DPRD diajukan oleh siswa siswi SMP Mutual, mulai dari tentang persidangan hingga cara pemilihan Ketua DPRD.

 

   Bapak Taufik, salah satu guru pendamping yang mengikuti kegiatan ini, menaruh harapan kepada siswa siswi SMP Mutual. “Harapannya yang pertama, untuk siswa siswi ini dapat memahami bahwa ada mekanisme rapat yang dilakukan di DPRD dan peran perannya itu seperti apa, sehingga apabila salah satu dari mereka menjadi anggota dewan sudah tahu mekanisme dan fungsi-fungsinya, lalu yang kedua sebagai implementasi dari pembelajaran PPKN mengenai struktur pemerintahan”, jelas Bapak Taufik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *